Budidaya Paprika: Penanganan Pascapanen

Eragano > Uncategorized > Budidaya Paprika: Penanganan Pascapanen

Penanganan panen dan pascapanen saat budidaya paprika harus dilakukan dengan baik dan benar agar dapat menjaga kualitas paprika dan harga jualnya tinggi. Tanda-tanda buah paprika matang hijau sudah matang yaitu:

  • warna kulitnya hijau berkilat,
  • bila dipijit atau ditekan daging buah terasa keras,
  • daging buah tebal dan buahnya mudah dilepas dari tangkainya.

Sedangkan buah paprika yang matang kuning kemerahan atau matang merah yaitu:

  • warna kulit buah kuning kemerahan atau merah,
  • daging tebal dan buah mudah dilepaskan dari tangkainya.

Paprika hijau dipanen mulai umur 2,5 bulan, paprika berwarna dipanen dnegan tingkat kematangan buah 80 – 90% umumnya pada umur 3,5 bulan. Panen paprika baiknya dilakukan pada pagi hari ketika suhu di greenhouse rendah agar bekas tangkai buah yang dipanen menjadi kering dan tidak terjadi pembusukan batang. Cara memanen buah paprika sangat mudah, cukup dipetik buah paprikanya dengan menggunakan gunting atau pisau, namun tangkai buah jangan tertinggal di cabang tanaman, tangkai buah dan buah tidak boleh cacat dan terjatuh agar terhindar dari pembusukan saat penyimpanan. Setelah dipanen, buah dimasukkan dalam wadah atau tempat yang teduh supaya tidak terkena sinar matahari langsung. Cahaya matahari dapat mempercepat proses penguapan sehingga buah paprika mengering, layu atau rontok.

 

Referensi

Sebayang, Lukas. 2014. Bercocok Tanam Paprika In Greenhouse. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Utara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *