Peluang Usaha Tanaman Wortel

Eragano > Uncategorized > Peluang Usaha Tanaman Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran umbi yang memiliki peranan penting dalam penyediaan bahan pangan, khususnya penyediaan sumber vitamin dan mineral. Sebagai sumber pangan hayati, wortel banyak mengandung vitamin A dan zat-zat lain yang berkhasiat sebagai obat, sehingga sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit. Wortel juga memiliki rasa yang enak sehingga digemari masyarakat. Wortel juga tidak mengenal musim sehingga banyak petani yang membudidayakan wortel sebagai komoditas yang menguntungkan. Selain digunakan sebagai bahan pangan, umbi wortel juga digunakan sebagai bahan kosmetik. Oleh karena itu, wortel memiliki prospek bisnis yang sangat baik karena memiliki potensi pasar yang sangat luas.

Wortel dapat dikonsumsi langsung (mentah), diproses terlebih dahulu atau diolah prabrik menjadi produk bervariasi sepertu jus, sup kering, dan makanan bayi. Selain itu, wortel juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan yang dibekukan.Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, wortel juga menawarkan potensi sebagai bahan pangan yang dapat mengatasi kekurangan vitamin A, tumor/kanker, dan kekurangan gizi. Potensi pegembangan budidaya wortel pun sangat strategis ditinjau dari kondisi agroklimatologi dan agroekonomi wilayah Indonesia yang sangat sesuai untuk pertumbuhan wortel.

Selain umbinya, daun wortel juga dapat berkhasiat bagi kesehatan. Meminum segelas sari daun wortel segar ditambah garam dan sesendok teh sari jeruk nipis berkhasiat untuk mengantisipasi pembentukkan endapan dalam saluran kencing, memperkuat mata, paru-paru, jantung dan hati. Bahkan dengan hanya mengunyah daun wortel dapat menyembuhkan luka-luka dalam mulut/nafas bau, gusi berdarah dan sariawan. Selain itu, Wortel memiliki prospek yang tinggi dengan penerimaan petani sebesar Rp 12.217.054,26 per Ha, rata-rata pendapatan sebesar 7.456.350,45 per Ha, dan rasio R/C sebesar 2,75 dari luas lahan 0,2451 Ha.

Di Indonesia budidaya wortel pada mulanya hanya terkonsentrasi di Jawa Barat yaitu daerah Lembang dan Cipanas. Namun dalam perkembangannya menyebar luas ke daerah-daerah sentra sayuran di Jawa dan Luar Jawa. Berdasarkan hasil survey pertanian produksi tanaman sayuran di Indonesia (BPS, 2015) luas arealĀ  panen wortel nasional mencapai 13.398 hektar yang tersebar di 16 provinsi di Indonesia.

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi petani adalah tinggi rendahnya harga yang diterima dalam penjualan hasil panen wortel. Tinggi rendahnya harga yang diterima petani berkaitan erat dengan struktur pasar dan besarnya margin pemasaran. Solusi untuk mengantisipasi turun naiknya harga pasar ini, salah satunya dapat dilakukan dengan cara bekerjasama dengan Eragano. Eragano selalu berusaha memberikan harga terbaik yang dapat diberikan kepada petani sehingga kami dapat berkontribusi meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *