Menarikkah Menanam Jagung Saat Ini?

Eragano > Uncategorized > Menarikkah Menanam Jagung Saat Ini?

Hingga saat ini jagung merupakan komoditi strategis kedua setelah padi di Indonesia, bahkan di beberapa daerah di jagung merupakan bahan makanan pokok. Jagung memiliki peran strategis bagi perekonomian nasional dilihat dari sifat tanaman jagung yang multiguna. Jagung dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pakan, pangan, serta bahan baku industri. Dalam 10 tahun terakhir, Indonesia cenderung mengalami peningkatan produktivitas jagung, kenaikan ini didukung oleh tingkat konsumsi jagung pada masyarakat Indonesia. Jagung tidak hanya diolah menjadi makanan pokok tetapi juga diolah menjadi lauk-pauk, snack, maupun bahan setengah jadi yang dihasilkan oleh beragam jenis industri dari berbagai skala usaha. Lalu, bagaimana peluang usaha dari tanaman jagung?

Indonesia sebagai negara agraris memiliki potensi besar dalam produksi jagung, mengingat iklim tropis Indonesia yang cocok untuk budidaya tanaman jagung, di sisi lain tingkat konsumsi masyarakat terhadap jagung pun sebanding dengan potensi produksi jagung itu sendiri. Semenjak tahun 2005, permintaan jagung khususnya untuk pakan ternak terus meningkat seiring dengan berkembangnya industri pakan unggas. Data dari BPS menyebutkan bahwa pada periode 2002-2011 kenaikan konsumsi jagung nasional meningkat 8% setiap tahunnya. Lebih dari 50% diantaranya tanaman jagung digunakan untuk bahan baku pakan. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan komoditas jagung pemerintah pun berfokus pada penggantian benih jagung biasa ke jagung hibrida karena benih yang ditanam sangat menentukan hasil panen kedepannya. Jagung juga merupakan salah satu komoditas yang tidak sulit untuk dibudidayakan.  Untuk itu, saat ini peluang usaha tanaman jagung terbuka lebar untuk para petani.

Rantai pemasaran komoditas jagung sendiri pada umumnya dimulai dari petani kecil yang menjual hasil panen ke tengkulak dengan harga yang cenderung rendah di tingkat kabupaten. Setelah itu, disalurkan kepada pedagang besar maupun pelaku industri makanan atau bahan baku pakan ternak. Untuk memenuhi keperluan industri jagung dan mendapatkan harga pasar yang lebih baik petani dapat memperluas jaringan usaha dengan menawarkan diri untuk menjadi supplier kepada yang mencari salah satunya dengan cara bermitra dengan Eragano.

Peluang usaha tanaman jagung berkemungkinan untuk mendapatkan penjualan yang meyakinkan jika kualitas jagung yang ditawarkan pun sebanding, untuk itu petani perlu menetukan benih yang berkualitas, cara penanaman, pemupukan serta pengairan yang baik. Agar hasil panen nantinya dapat menghasilkan komoditas jagung yang berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *